Pengertian SEO dan Cara Memilih SEO Agency

pengertian seo dan tips memilih agency

Tahukah bahwa perkembangan dunia digital khususnya SEO sangat pesat, berbagai update telah dilakukan oleh Google melalui update algorithm agar hasil pencarian website sesuai dengan kriteria dan harapan dari pemirsa. Dengan akurasi yang semakin tinggi maka persaingan juga semakin ketat untuk bisa menduduki top 10 di Google pencarian.

Sebelum masuk kepembahasan lebih dalam, kita bahas terlebih dahulu pengertian SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, proses perbaikan dan peningkatan kualitas website agar dapat ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dll dengan optimasi kata kunci tertentu.

Manfaat SEO Bagi Website

Tujuan utama optimasi website adalah untuk meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian, yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah traffic website dan meningkatkan konversi. Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan relevansi dan kualitas konten website, serta meningkatkan popularitas website melalui link building dan promosi.

Tentu tidak bisa dilakukan secara instan untuk meningkatkan pengunjung website secara organik, ada tahapan panjang untuk hal tersebut, mulai dari audit website dari sisi speed load, perfomance, aksesbilitas dan perbaikan pada element – element utama SEO. Hal itu yang menyebabkan kenapa jasa SEO relative lebih mahal daripada membuat sebuah website.

Optimisasi website juga merupakan bagian dari tehnik marketing digital, ibaratnya memproduksi 1 barang dengan biaya Rp. 10,000 tetapi membutuhkan biaya marketing mencapai Rp. 100,000 – Rp. 1,000,000 agar bisa dikenal dan laku terjual.

Jenis – Jenis Search Engine Optimization

Seperti argumen di atas, bahwa SEO kompleks dan pencapaiannya tidak singkat sehingga. Berikut kami ulas mengejai jenis – jenis SEO yang dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian. Beberapa di antaranya adalah:

  1. SEO On-Page: Meliputi optimasi konten website seperti judul, deskripsi, meta tag, keyword, dan struktur website.
  2. SEO Off-Page: Meliputi aktivitas diluar website untuk meningkatkan popularitas website seperti link building, social media marketing, dan brand awareness.
  3. SEO Technical: Meliputi optimasi teknis website seperti kecepatan loading, mobile friendly, dan struktur data.
  4. Local SEO: Meliputi optimasi website untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian lokal.
  5. E-Commerce SEO : Meliputi optimasi website e-commerce untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.
  6. Voice Search Optimization: Meliputi optimasi website agar dapat ditemukan dalam pencarian suara (voice search)
  7. Video SEO: Meliputi optimasi video untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian video.

Kebayang bukan bagaimana beratnya pekerjaan sebagai SEO specialist. Semoga dengan membaca artikel ini membuka mata para calon klien yang selalu bilang seo itu gampang. Setelah tahu tentang pengertian dan jenis – jenis SEO, berikut kita akan bahas mengenai cara memilih SEO Agency yang tepat dan sesuai dengan budget masing – masing.

Tips Memilih SEO Agency

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih SEO agency adalah:

  1. Reputasi dan pengalaman: Pastikan agency memiliki reputasi yang baik dan pengalaman yang cukup dalam menangani proyek SEO. Baca testimoni dan lihat hasil kinerja sebelumnya.
  2. Metode yang digunakan: Pastikan agency menggunakan metode SEO yang sesuai dengan peraturan mesin pencari dan tidak menggunakan teknik yang dilarang (black hat SEO).
  3. Kommunikasi dan transparansi: Pilih agency yang dapat dengan jelas menjelaskan proses dan metode yang digunakan, serta memberikan laporan progres yang teratur.
  4. Biaya dan kontrak: Pastikan biaya yang ditawarkan sesuai dengan anggaran dan baca kontrak dengan seksama sebelum menandatangani.
  5. Fokus pada tujuan bisnis: Pilih agency yang dapat memahami tujuan bisnis Anda dan menyesuaikan strategi SEO sesuai dengan tujuan tersebut.
  6. Referensi klien: Pastikan untuk melakukan riset dan mengecek referensi klien yang diperoleh dari agency tersebut.
  7. Kompetensi dalam niche industri: Pilih agency yang memiliki pengalaman dan kompetensi dalam niche industri Anda.
  8. Garansi #no 1 Google: Jika ada perusahaan SEO agency yang memberikan janji situs website dalam beberapa bulan ditop Google pencarian, maka hal itu merupakan kekeliruan. Seperti di lansir dari Google Guidelines bahwa “No one can guarantee a #1 ranking on Google. Beware of SEOs that claim to guarantee rankings, allege a “special relationship” with Google, or advertise a “priority submit” to Google. There is no priority submit for Google.

Sebelum menjatuhkan pilihan dalam memilih SEO Agency, ingatlah selalu untuk melakukan riset dan mengevaluasi beberapa agency sebelum membuat keputusan akhir, dan pastikan untuk bekerja sama dengan agency yang dapat membantu mencapai tujuan bisnis Anda.