Affiliate marketing digital adalah sebuah strategi pemasaran di mana seorang afiliasi menjual produk atau layanan dari perusahaan melalui platform digital, seperti situs web atau media sosial. Dalam praktiknya, afiliasi menyebarkan tautan afiliasi ke berbagai sumber, seperti situs web, blog, atau media sosial, dan jika pelanggan mengklik tautan tersebut dan membeli produk atau layanan dari perusahaan, afiliasi akan menerima komisi.
Tehnik ini merupakan sebuah strategi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan jaringan digital affiliasi yang luas untuk mempromosikan produk atau layanannya kepada audiens yang potensial melalui platform media digital.
Sebelum memutuskan kerjasama dengan affiliator, sangat penting untuk menganalisa terlebih dahulu kapasitas dan kapabilitas dari peserta affiliator yang hendak direkrut. Misalnya mempertimbangkan jumlah followers yang aktif di akun sosial medianya jika seorang selegram, jumlah total kunjungan website jika seorang blogger, memperhatikan jumlah subscribers jika seorang youtuber dan menerka kemampuan agency marketing yang hendak diajak kerjasama.