Manfaat dan Pentingnya A/B Testing

tujuan dan manfaat ab testing

A/B testing adalah langkah kerja yang perlu diambil untuk membandingkan dua variasi dari variabel yang sama agar bisa menentukan yang mana dari kedua variabel tersebut memiliki kinerja lebih baik. Variasi dapat berupa copywriting, a call-to-actions, graphic, penggunaan jenis huruf dan sebagainya. Pakar digital agency akan memberikan laporan mengenai percobaan yang telah dilakukan mengenai efektifitas dan kinerja dari 2 variasi yang sudah dijalankan.

Elemen penting pada A/B testing

A/B Testing sangat berguna untuk membandingkan dua hal yang berbeda. Lalu elemen apa saja yang harus diperhatikan dalam dalam proses A/B testing, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Jenis huruf
  • Deskripsi/copywriting
  • Tata letak gambar,
  • Pemilihan warna huruf dan latar belakang
  • Penempatan call to actions
  • Pemilihan tema / layout.

Dari hasil data perbandingan tersebut bisa dijadikan acuan dalam membuat sebuah halaman promosi / landing page.

Fungsi dari A/B testing

Manfaat dari A/B testing yaitu supaya pelaku usaha bisa meminimalisir kegagalan dan dapat mengukur tingkat keberhasilan dari sebuah landing page yang ditayangkan pada iklan. Secara garis besar berikut adalah fungsi dari A/B testing dirangkum dari berbagai sumber yaitu:

  1. Meningkatkan kunjungan ke website
  2. Menurunkan Bounce Rate situs website
  3. Meningkatkan konversi penjualan suatu produk
  4. Memahami kemauan pasar/konsumen

Kesimpulan

Tingkat keberhasilan sebuah landing page sangat banyak faktor pengaruhnya, seperti dijelaskan di atas mulai dari kualitas design, pemilihan jenis huruf dan warna serta isi dari landing page yang dibuat. Isi atau konten serta grafik seperti gambar yang mewakili produk menjadi salah satu hal utama yang dapat mempengaruhi pemirsa untuk melakukan transaksi sehingga bisa menjadi sebuah konversi.