Pengertian dan Tujuan Analytics

pengertian analitycs

Pengertian analytics atau analitik memiliki hubungan dengan dunia marketing berarti proses pengumpulan data informasi teknologi yang memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan evaluasi dan analisis keberhasilan kampanye pemasaran yang telah mereka lakukan.

Dengan memahami data analytics akan memberikan pengetahuan atau wawasan yang lebih mendalam tentang tren yang sedang berlangsung. Sumber analitik pemasaran bisa didapat dari berbagai sumber yang akhirnya disajikan dalam satu tampilan.

Perkembangan teknologi yang semakin maju, sumber data analitik bisa didapat dari media sosial, website, situs pencarian (search engine), situs iklan online, aplikasi online, survei langsung ke lapangan atau survey secara online yang digunakan pemasaran digital untuk memberikan informasi tentang perilaku dan tren pasar yang sedang berlangsung serta kecenderungan perubahan prilaku konsumen.

Tujuan Analytics

Salah satu manfaat sangat berharga dari marketing analitik adalah perannya dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha untuk membuat sebuah keputusan yang tepat untuk keberlangsungan usahanya, efisiensi kinerja, merancang strategi pemasaran baru,  menghemat waktu dan biaya serta mempermudah analisa data yang erat hubungannya dengan statistik.

Jenis Data Analytics

  1. Analytics descriptive
    Merupakan teknik analisa data berdasarkan data yang sudah ada dari data masa sebelumnya yaitu untuk menganalisa pola, tren yang terjadi untuk mengambil langkah dan strategi ke depannya.
  2. Analytics Diagnostic
    Jenis data analitycs ini lebih detail dari analytics descriptive karena tidak hanya laporan tentang data dimasa lalu, tetapi berisi tentang analisa yang lebih mendalam tentang strategi yang sudah dilakukan dikala menemui kendala/kegagalan.
  3. Analytics Predictive
    Seperti nama istilahnya, penyajian data berupa analisa antisipasi mengenai hal- hal yang mungkin terjadi dimasa akan datang. Analytics predictive dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan membaca peluang pasar.
  4. Analytics Prescriptive
    Memitigasi risiko di masa yang akan datang dengan membuat strategi dan pemecahan masalah yang kemungkinan akan dihadapi dimasa mendatang.